Sabtu, 9 Maret 2019 telah diselenggarakan Pertemuan APP pertama kategori remaja di paroki Nanggulan. Pertemuan ini dihadiri sekitar 20 remaja . Pada awal pertemuan, pemandu menyampaikan tema APP tahun 2019 yaitu ” Makin Tergerak untuk Berbagi Berkat”, serta menyampaikan tentang tema pertemuan pertama yaitu “Syukur Atas Rahmat Belas Kasih Allah”.

Pendalaman iman diambil dari Kejadian 6:13-20; 7:16-20 ; 8:14-17 mengenai bahtera Nabi Nuh. Dalam Permenungan ini pendamping mengajak anak-anak untuk berbagi pengalaman (sharing), apa yang pernah dilakukan atau dialami atas Kasih Tuhan bagi dirinya. Pendamping mengajak anak-anak untuk mendalami, bacaan kitab suci. Hasil refleksi pendalaman bacaan Kitab Suci diperoleh :

  1. Dari Kisah Nabi Nuh kita diajak untuk selalu bersyukur atas belas kasih rahmat Tuhan di dalam hidup kita.
  2. Selalu bersyukur karena kita semua ini adalah umat pilihan Tuhan yang diberi kesempatan untuk dapat menikmati Kehidupan ini.
  3. Selalu berbuat baik, menjadi anak Tuhan dalam segala keadaan.
  4. Kita ini umat pilihan Tuhan.

Pendamping kemudian mengajak anak-anak remaja membuat celengan APP berbentuk bahtera dari botol bekas. Alat dan bahan yang digunakan adalah botol plastik, stick es krim, isolasi, double tape, kertas lipat, gunting, cutter, dan lem.

Remaja paroki tampak antusias dan terlibat aktif selama mengikuti pertemuan APP. Setelah mengikuti kegiatan ini, remaja paroki diharapkan dapat menyisihkan sebagian rejekinya untuk berbagi berkat kepada sesama yang membutuhkan.

APP Remaja Paroki Nanggulan